Tugas KEGIATAN TANGGUNG JAWAB SOSIAL MANAJER

KEGIATAN TANGGUNG JAWAB SOSIAL MANAJER PERUSAHAAN (PT Semen Gresik (Persero) Tbk.)

Ambar hasbiyatmoko
30110598  ,kelas 1DB02
Tanggung Jawab Terhadap Komunitas Sekitar

Ditempuh melalui implemantasi program pemberian bantuan dan pengembangan komunitas (community
development), dilaksanakan secara berkesinambungan sebagai wahana bagi munculnya rasa saling percaya
antara Perseroan dengan masyarakat. Pembinaan lingkungan Perseroan difokuskan pada tiga bidang utama, yaitu sosial, ekonomi dan lingkungan.

• Bidang Sosial

Bertujuan untuk menciptakan “positive emotional relation” dengan komunitas secara berkesinambungan. Area aktivitas community development Perseroan dalam bidang sosial mencakup, penyediaan sarana umum, keagamaan, pendidikan, kesehatan, seni budaya, tanggap darurat bencana dan olah raga dan pelestarian alam.

- Pendidikan 
Direalisasikan dalam bentuk, meliputi: bantuan bea siswa mulai sekolah dasar hingga Perguruan tinggi, peralatan peraga, seminar, Kuliah Kerja Nyata mahasiswa, kursus/latihan keterampilan, Program Pendampingan Siswa, pengenalan Teknologi Informatika kepada guru dan siswa di desa pinggiran, pembangunan sarana pendidikan dan peningkatan mutu pendidik olah raga dan seni. Untuk olahraga tahun 2009 khusus Wall climbing mendapat prestasi juara 2 Asian Games di China sedangkan untuk seni, Perseroan tahun 2009 menyelenggarakan kompetisi musik Karang Taruna se Jawa Timur. P ada tahun 2009 realisasi bantuan pendidikan adalah sebesar Rp18,81 miliar.


- Keagamaan
Perseroan berkontribusi dalam pembangunan moralitas masyarakat dan karakter bangsa (character building) melalui pelaksanaan kegiatan pemberian bantuan renovasi dan pembangunan sarana ibadah, perayaan hari besar keagamaan, santunan anak yatim piatu, diklat imam dan khatib serta pembinaan kelompok bimbingan ibadah haji (KBIH). Pada tahun 2009 bantuan Perseroan dalam bidang keagamaan adalah sebesar Rp7,06 miliar.

- Penyediaan Sarana Umum
Bertujuan untuk meningkatkan aksesibilitas, kualitas hidup masyarakat dan “jembatan” bagi tercapainya upaya pembe rdayaan masyarakat. Kegiatan yang dilaksanakan pada tahun 2009 meliputi pembuatan saluran air bersih, rehabilitasi jalan desa dan rumah tidak layak huni, perbaikan/rehabilitasi sumur, perbaikan balai desa, sekolah dan sebagainya. Total dana yang disalurkan mencapai Rp7,99 miliar yang tersebar di area-area lokasi usaha Perseroan dan area-area yang membutuhkan.

- Kesehatan
Meliputi pengadaan peralatan untuk poliklinik desa (polindes), pengobatan gratis, kegiatan donor darah, penanggulangan demam berdarah dan khitanan massal. Perseroan juga melaksanakan program ketahanan pangan melalui peningkatan produksi gabah kering panen/hektar yang akan dilakukan secara 
berkesinambungan, mendukung pembuatan pupuk bokashi, pembuatan pakan ternak dan mendukung penanaman rumput gajah untuk pakan ternak di areal bekas tambang. Pada tahun 2009 realisasi bantuan kesehatan dan sosial ini mencapai Rp6,11 miliar.





- Tanggap Darurat Bencana
Melalui aktivitas Tanggap Darurat Bencana, Perseroan hadir bersama masyarakat untuk membantu korban bencana alam. Beberapa aktivitas tanggap darurat bencana yang telah dilakukan selama tahun 2009 adalah Bantuan Gempa Bumi di Jabar dan Padang, Sumatra serta bencana angin puyuh di Jatim dengan realisasi bantuan sebesar Rp2,35 miliar.

- Pelestarian Alam
Perseroan melaksanakan penghijauan melalui penanaman pohon, baik yang bersifat produktif maupun non-produktif sejumlah 300.000 pohon di Jawa Timur dan Bali. Total biaya yang telah dikeluarkan untuk program tersebut pada 2009 sebesar Rp4,71 miliar. Di samping itu, Perseroan juga melaksanakan program CDM melalui penggunaan sekam padi dan limbah tembakau untuk substitusi bahan bakar batubara untuk proses produksi. Perseroan juga menggunakan limbah perusahaan lain dalam pembuatan semen, seperti Fly Ash, merupakan pembangkit listrik Paiton, limbah chemical gypsum limbah dari pabrik pupuk petrokimia dan limbah copper slag, dari PT Smelting.


Realisasi Biaya Program Tanggung Jawab Sosial

Realisasi biaya CSR Perseroan pada tahun 2009 meningkat signifikan. Secara keseluruhan Program Kemitraan dan Bina Lingkungan menjadi sebesar Rp88,63 miliar, yaitu program Kemitraan sebesar Rp41,59 miliar dan program Bina Lingkungan sebesar Rp47,04 miliar. Kenaikan ini ditujukan untuk mengakselerasi terjadinya pengembangan potensi sosial dan ekonomi masyarakat sejalan dengan perkembangan Perseroan.

Peningkatan Pelaksanaan Program Tanggung Jawab Sosial Perusahaan

Pada tahun 2009, guna lebih mendalami sistem pengelolaan program Corporate Social Responsibility (CSR), Perseroan menugaskan 20 orang karyawan terkait pelaksanaan kegiatan CSR untuk mengikuti program pelatihan “CSR Implementation (ISO 26000) & Reporting” yang diselenggarakan oleh SGS Jakarta. Melalui kepersertaan tersebut, pelaksana program CSR Perseroan akan memiliki pemahaman yang sama tentang pengertian CSR, regulasi, implementasi dan pelaporan CSR.

Laporan Keberlanjutan

Perseroan menyusun Laporan Keberlanjutan sebagai bentuk komitmen penyelanggaraan perusahaan yang transparan, akuntabel, berkesinambungan dan peduli terhadap perkembangan komunitas sekitar. Laporan Keberlanjutan adalah bagian tak terpisahkan dari Laporan Tahunan Perseroan ini dan merupakan pertanggungjawaban menyeluruh atas implementasi dan pengelolaan program Tanggung Jawab Sosial Perusahaan kepada seluruh pemangku kepentingan.

sumber: http://www.semengresik.com/ina/file.axd?file=SEMEN+GRESIK+AR09+-+part5-(p204-p247).pdf
baca lebih lanjut..

ke atas
tutorial buat template blogger sendiri
klik!